Widget edited by super-bee
Home » » Kalibrasi Baterai Laptop

Kalibrasi Baterai Laptop

Written By RIDWAN SITUMORANG on Jumat, 12 Juli 2013 | 19.34

kalibrasi baterai
Notebook atau yang umum disebut sebagai laptop saat ini bukanlah merupakan barang yang mewah. Hal ini dikarenakan harga notebook atau laptop yang cukup terjangkau sehingga hampir dari semua kalangan sudah mempunyai laptop pribadi. Kemudahan menggunakan laptop yang bisa dibuka dan digunakan dimanapun mengingat laptop adalah merupakan mobile computer yang mempunyai sumber daya yang berupa baterai, terkadang dalam hal perawatan kurang diperhatikan oleh yang empunya.
Memang, merawat ternyata lebih sulit daripada menggunakan. Hal itu pula yang juga biasa terjadi pada seorang user atau pengguna komputer atau laptop. Kebanyakan user lebih asyik menggunakan daripada melakukan perawatan, termasuk perawatan baterai. Seringkali user menggunakan baterasi seenaknya saja, baterai di charge walau dalam kondisi dayanya masih penuh, atau mencabut charger ketika pengisian baterai belum penuh. Tentu saja hal tersebut akan berdampak pada performa baterai yang akan berefek samping terhadap umur baterai itu sendiri.
Salah satu cara perawatan agar usia baterai bisa berumur panjang, maka baterai laptop perlu dilakukan kalibrasi. Anda bisa melakukan kalibrasi secara manual seperti langkah-langkah berikut ini :
  1. Buatlah profil daya baru. Buka control panel > Power Options
  2. Pada panel sebelah kiri klik Create a power plan dan pada kolom plane name beri nama Calibration.

    Membuat profil power options baru

  3. Untuk pilihan yang lain (Dim the display, turn off the display, put the computer to sleep) pilih never dan klik create.

    pengaturan power options

  4. Aktifkan profil yang baru saja dibuat kemudian charge baterai sampai terisi 100 %.

    mengaktifkan profil power options

  5. Setelah baterai terisi penuh, silahkan cabut catu daya (charger) dan biarkan notebook atau laptop dalam kondisi idle (hidup, tapi tidak ada aktifitas apapun) biarkan sampai notebook mati karena kehabisan daya. Bila ada peringatan untuk mencharge baterai, abaikan saja.
  6. Setelah hal tersebut anda lakukan maka anda telah selesai melakukan kalibrasi baterai notebook anda. Sekarang silahkan charge lagi baterai anda kemudian gunakanlah seperti biasa.
Sebaiknya anda melakukan kalibrasi baterai ini secara berkala untuk menjaga performa baterai tersebut.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

TOLONG KOMENTARNYA SEHUBUNGAN DENGAN ARTIKEL YANG ADA .

Product :
 
Support : Hacker Siantar
Copyright © 2013. Hacker Siantar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Hacker Siantar
Penulis ArtikelRidwan Situmorang